Gustrisehat’sWeblog

November 25, 2008

Islam bukanlah AGAMA

Filed under: TAUHID — Gustri @ 6:52 am

Islam bukanlah AGAMA (judul ini saya ambil agar anda tertarik)

inna-diin-a ‘indallahil islam (Ali Imroon 19).
Islam adalah nama untuk sebuah DIIN, Diin artinya “jalan hidup” atau “the way of life”. Agama artinya “ajaran tidak merusak” atau ”religion”. Agama dan Diin adalah dua hal yang berbeda jauh, Agama ada didalam Diin, Sedangkan Diin lebih Syumul dibandingkan dengan agama. Agama hanya seputar tataran moral etika baik horisontal maupun ritual vertikal,
sedangkan Diin lebih komplit meliputi agama “PLUS” semua aspek kehidupan, politik, kenegaraan, mencakup seluruh demensi sosial sampai derajat tertinggi, amalan pribadi, keluarga, kelompok, masyarakat, negara, antar negara, semuanya tercakup didalam Diin.

Menyebut Islam sebagai agama sebenarnya menurunkan derajat Islam dan bisa membuat kita beranggapan Islam tidak mengatur masalah hukum/politik ketatanegaraan (Islam menjadi tidak sempurna) atau Islam menjadi setara dengan –ajaran-ajaran yang memang pantas disebut sebagai agama– seperti Hindu, Budha, Kristen dsb. Padahal Islam jauh lebih sempurna dibandingkan ajaran ajaran tersebut. Selain dari itu bisa membuat pemahaman kita terbelokkan menjadi berpandangan—Islam itu agama dan Demokrasi (atau isme-isme yang lain) adalah sesuatu yang berbeda.

Kalau kita konsisten dalam terminology bahasa, maka “DIIN” dalam bahasa Arab, “Jalan Hidup” dalam rumpun bahasa Melayu, “ISME” dalam rumpun bahasa Eropa. Jika Islam itu DIIN, maka Demokrasi itu juga DIIN, Kapitalisme juga DIIN, Marxisme,Komunisme, semuanya DIIN. Bedanya kalau Islam DIENU-LLOH (Dien yang berasal dari Alloh), selain Islam itu DIENU-NAS (Dien yang berasal dari manusia). Islam itu sebuah ISME, Demokrasi itu juga ISME, Sosialis itu ISME, Komunis itu ISME dll. Bedanya Islam ISME dari ALLOH, yang lainnya ISME dari Manusia. Islam itu JALAN HIDUP, Komunis itu JALAN HIDUP, Nasionalis itu JALAN HIDUP dll. Bedanya Islam itu JALAN HIDUP dari ALLOH, yang lainnya adalah JALAN HIDUP dari Manusia.

Maka kita tentu mengerti Ustadz Abu Bakr Ba’asyir dalam buku “SURAT KEPADA PRESIDEN” berfatwa Demokrasi itu “SYIRIK”.

Kebenaran itu datangnya dari ALLOH, kesalahan tentu dari hawa nafsu saya.

Wassalaam,

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: